Kamis, 06 Juni 2013

YANG HARUS KITA SENTUH ADALAH HATI


Sodaraku... seperti apapun manusia yang kita hadapi mereka tetaplah memiliki hati, memiliki bahasa nurani dan sederet apapun yang dimiliki oleh hati.. dan yang harus kita ingat bahwa sesungguhnya hati itu memiliki sifat yang sama, menyukai warna yang sama, nyaman dengan tempat yang sama... yaitu KELEMBUTAN.
Sejahat apapun seseorang dia tetap memiliki satu bagian kelembutan di antara rongga rongga hatinya, sebebal apapun seseorang ia tetap memiliki sisi kelembutan dalam hatinya, bahkan sebejat apapun seseorang ia tetap memiliki bahasa nurani dan rasa hati yang sama... sehingga tidaklah heran jika kita di suatu saat menemukan seorang preman atau penjahat kelas kakap sekalipun akhirnya tersungkur tersedu - sedu saat sisi-sisi kelembutan hatinya tersentuh bahkan terkadang hanya oleh sesuatu yang teramat sederhana..
jadi sesungguhnya dalam kamus kita seyogyanya tak pernah ada yang namanya penjahat sejati, atau pendosa sejati atau bajingan sejati... karena sepanjang ia manusia dia tetap memiliki sisi-sisi kelembutan di qolbunya.
untuk itu ketika suatu saat kita harus merubah hidup seseorang, atau berusaha mempengaruhi hidup seseorang maka carilah bagian-bagian dari kelembutan hatinya dan sentuhlah ia maka niscaya tak ada hal mustahil untuk siapapun merubah hidup orang lain. tidak sederhana memang, bukan hal yang mudah memang , karena menyentuh hati memang harus dengan hati pula.. karena kelembutan hanya dapat di sentuh dengan kelembutan pula. dan butuh waktu yang terkadang amat lama.. namun itulah yang seharusnya ada jika kita ingin memiliki bagian dari kisah perubahan.
(sepenggal hikmah dari pelajaran malam di Training Smart Generation bersama anak anak SMK PGRI Subang 050613)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar